Misi KRI Dewaruci Hebohkan Kota Volos, Yunani

Volos - Kehadiran KRI Dewaruci di kota Volos, Yunani, mendapat sambutan luarbiasa dari warga setempat. Atraksi para awak kadet AAL, berupa tarian dari Sumbar sampai Papua, juga diliput luas oleh media massa.

"Berbagai lapisan masyarakat dan kalangan pelajar berbondong–bondong melihat kapal latih, yang masih tampak gagah dan terawat dengan baik," tutur Sekretaris III KBRI Athena Gina Fadilla kepada detikcom, Sabtu (15/5/2010).

Pengunjung berdecak kagum saat para awak KRI Dewaruci sebanyak 81 orang dengan gagah dan piawai menampilkan misi kebudayaan di atas kapal, antara lain Tari Perang (Papua), Tari Rantak, Tari Badindin (Sumbar), Reog Ponorogo (Jatim) dan Rampak Gendang (Jabar).


Suasana menjadi semakin meriah ketika para awak KRI Dewaruci secara interaktif mengajak pengunjung menari Poco-Poco, diiringi marching band taruna AAL, Gita Jala Taruna, yang membawakan lagu-lagu daerah Nusantara dan Yunani.

Di samping itu para pengunjung juga mendapat kesempatan mencicipi kuliner khas Indonesia seperti sate, nasi goreng, mi goreng, bakso, gado-gado, dan aneka kerupuk.

"Kesempatan itu dimanfaatkan oleh KBRI Athena untuk melakukan promosi pariwisata dengan penyebaran brosur dan kampanye dalam rangka mengajak warga setempat untuk Vote for Komodo Island for New Seven Wonders," terang Gina.

Tukar Pandangan

Selama berada di Volos, kota di Teluk Pagasitikos, Yunani, Komandan KRI Dewaruci Letkol (P) Suharto La Djide dan Dubes RI untuk Yunani Ahmad Rusdi juga mengadakan pertemuan dengan Kepala Otoritas Pelabuhan Kapten Thodoros Kliaris dan Walikota Alekos Voulgaris.

Dalam pertemuan, Komandan KRI Dewaruci dan Dubes RI memperkenalkan kapal layar latih AAL dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) itu, sekaligus bertukar pandangan mengenai perkembangan di sektor perkapalan dan budaya maritim negara masing-masing.

Kehadiran KRI Dewaruci di Volos dalam rangka mengikuti kegiatan pelayaran internasional The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 (12/5-4/6/2010), dimulai dari Volos (Yunani) menuju Varna (Bulgaria), Istanbul (Turki) dan berakhir di Lavrion (Yunani). Rute ini merupakan rute kapal “Argo”, yakni kapal penjelajah yang dikemudikan Jason, yang kerap muncul dalam mitologi Yunani (1500 SM).

Partisipasi KRI Dewaruci sangat diapresiasi oleh panitia mengingat jauhnya jarak Indonesia-Yunani. Walikota Alekos Voulgaris juga menyampaikan penghargaan atas partisipasi KRI Dewaruci, yang diharapkan dapat pula memperluas wawasan warga setempat mengenai Indonesia.

Sementara itu, Dubes RI Ahmad Rusdi yang secara khusus diwawancara oleh TV Yunani menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah setempat, yang telah memfasilitasi kedatangan KRI Dewaruci.

"Kegiatan ini semoga dapat berlanjut dalam rangka meningkatkan misi persahabatan dan kerjasama kebudayaan kedua negara," demikian Rusdi.

0 Response to "Misi KRI Dewaruci Hebohkan Kota Volos, Yunani"

Posting Komentar

readbud - get paid to read and rate articles
Powered by Blogger